PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Dine Trio Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD dan metode ceramah bervariasi ditinjau dari sikap sosial siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kaduagung Timur 1 Kec. Cibadak Kab. Lebak-Banten dengan menggunakan rancangan Eksperimen Faktorial Treatment by level 2x2. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Hasil penelitiannya adalah : (1) secara keseluruhan, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan metode ceramah bervariasi, (2) untuk siswa yang memilik sikap sosial tinggi, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, (3) untuk siswa yang memiliki sikap sosial rendah, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Siswa yang belajar dengan menggunkan model pembelajaran STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan metode ceramah bervariasi (4) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan sikap sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dan sikap sosial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kaduagung Timur 1 Kec. Cibadak Kab. Lebak-Banten.

Kata kunci: kooperatif, sikap sosial, kemampuan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Bambang Syamsul Aripin, (2015) Psikologisosial (Bandung: CV. Pustaka Setia)

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya)

Fahruddin Faiz. (2012) Thingking Skill (Yogyakarta: Suka Press)

Isjoni. (2009) Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, (Bandung: Alfabeta)

Kokom. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, (Malang: Universitas Negri Malang)

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran mengembangkan

Profesionalisme Guru. (Jakarta: Rajawali Pers)

Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta)

Zaleha Izhab Hassoubah. (2004) Kreatif dan Kritis (Bandung: Nuansa)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.