HUBUNGAN TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBUTUHAN ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SD NEGERI KEJAKSAAN RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK)

Tjut Afrida

Abstract


Penelitian bertolak dari pemikiran bahwa perhatian orang tua secara langsung akan berpengaruh terhadap motivasui belajar anak yang ujungnya berdampak terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Untuk itu, penelitian ini berusaha menguji apakah benar ada hubungan antara perhatian orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak dengan prestasi belajar siswa di sekolah.

Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang proses belajar mengajar dan bermanfaat bagi orang tua dalam rangaka memikul tanggung jawab pendidikan anak.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kortesional. Jumlah populasi 72 siswa, ukuran sampel diambil sebesar 25 % (18 siswa). Pengambilan sampel dilakukan secara acak proporsional. Tehnik pengumpulan data mengutamakan angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik dan statistik uji yang digunakan adalah korelasi rank dari Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi sebesar 0.702 antara tingkat perhatian orang tua terhadap kebutuhan anak dengan prestasi belajar. Korelasi ini signifikan pada alpha 0,01. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan hubungan yang signifikan antara tingkat perhatian orang tua terhadap kebutuhan anak dan prestasi belajar siswa dapat diterima.

Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Kebutuhan Anak Dan Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Daldoeni.N.1997.Pokok-Pokok Geografi Manusia. Bandung Alumni.

Dimyati & Mudjiona, 1994. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Pengajar DIKTI DEPDIKBUD.

Hadi Sutrisno. 1998. Metodelogi Research. Yogyakarta. Andi Offset.

Heer, David M. 1985. Masalah

ISSN : 2580 - 9466 Kependudukan di Negara Berkembang. Jakarta PT Bina Aksara.

Rusid.1992. dasar-dasar Penelitian dalam rangka Pengembangan Ilmu.Bandung PPS Unpad.

Sajogyo, Pujiwati 1985. Sosiologi Pembangunan, Jakarta. Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta kerjasama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya,Jakarta. Bina Aksara.,

Soeletmi, M. 1994. Pendidikan Keluarga Bandung. CV Afabeta

Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Keluarga, Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan anak. Jakarta, Rineka Cipta.

Steel, Robert. G.D dan James 1-1. Torrie. 1982. Prinsip Dan Prosedur Statistika ; Suatu Pendekatan Biomclrik Jakarta Gramedia

Taneko, Soloman. 1993. Struktur dan Proses Sosial. Jakarta PT. Raja Grafinjo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.