PRILAKU GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SDN TUNGGAK KECAMATAN BOJONEGARA

Eka Nurul Mualimah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahuin pengaruh prilaku guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia di SDN Tunggak. Setiap guru mempunyai kepribadian masing-masing sesuai dengan latar belakang kehidupan sebelum mereka menjadi guru. Kepribadian guru diakui sebagai aspek yang tidak dapat dikesampingkan dari kerangka keberhasilan belajar mengajar untuk mengantarkan anak didiknya menjadi orang yang berilmu pengetahuan dan berkepribadian. Metode yang digunakan deskritif dengan 39 sampel di SDN Tunggak. Hasilnya terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar dengan perilaku guru dengan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pada tahap kepercayaan 0,99 hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima, yaitu terdapat korelasi positif antara perilaku guru dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Tunggak.

Kata Kunci : Prilaku Guru dan Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rieneka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, 1994. Belajar Dan Pembelajara. Jakarta : Depdikbud.

Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rieneka Cipta.

Hamalik,Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan pembelajaran. Jakarta : Delia press.

Purwanto, M Ngalim. 2005. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Rosda Karya

Sugiyono. 2001. Statistik Untuk Penelitian.

Bandung : Alfabeta.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung :

Tarsito.

Sudjana,Nana. 1996. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.