PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI SD DI KOTA RANGKASBITUNG

Usmaedi Usmaedi

Abstract


 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pambelajaran dan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI SD di kota Rangkasbitung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Seluruh analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh 68,50% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD di kota Rangkasbitung. Model pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD di kota Rangkasbitung.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Berpikir Kritis, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Hakim, L. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dipadu dengan Cooperative Script Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muhfaroyin. 2008. Pengaruh Strategi Think Pair Share (TPS) dan Kemampuan Akademik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA di kota Metro, [online].

http://www.muchfaroyin.blogspot.com. Diakses tanggal 20 Oktober 2012.

Rodiah, N. 2013. Keterampilan Berfikir Kritis, [online].

http://nettyrhodiah.blogspot.com/2013/04/keterampilan-berfikir-kritis.html. Diakses tanggal 20 Mei 2013.

Slavin, R. E. 1994. Educational Psychology: Theory into Practice. 6th

Edition. Boston: Allyn and Bacon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.