PENGARUH METODE BERMAIN PERAN DENGAN VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS VI SDN 1 RANGKASBITUNG TIMUR

Putri Yuniar Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa antara metode bermain peran dengan video dan metode ceramah; 2) Pengaruh interaksi metode bermain peran dengan video dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris; 3) Perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa motivasi tinggi antara metode bermain peran dan metode ceramah; dan 4) Perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa motivasi rendah antara metode bermain peran dan metode ceramah. Populasi penelitian sebanyak 280 siswa. Sampel sebanyak 80 siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial. Penelitian dilakukan dengan memberikan angket motivasi belajar terhadap kelompok kontrol dan eksperimen untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Kemudian kedua kelompok diberi perlakuan dalam proses pembelajaran, kelompok kontrol diberi metode ceramah tanpa berbantuan media video sedangkan kelompok eksperimen diberi metode bermain peran berbantuan media video. Setelah perlakuan maka kedua kelompok diberi postes untuk mengetahui keterampilan berbicara. Data yang dihasilkan dianalisis dengan teknik anava dua jalur SPSS 17 dan uji Tukey menggunakan Ms.Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris antara metode bermain peran dengan video dan metode ceramah; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode bermain peran dengan video dan motivasi belajar siswa terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris; 3) Terdapat perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa motivasi tinggi antara metode bermain peran dan metode ceramah; dan 4) Terdapat perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa motivasi rendah antara metode bermain peran dan metode ceramah.

 

Kata kunci: Bermain Peran, Video, Motivasi Belajar, Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.


Full Text:

PDF

References


Ariani, Niken dan Haryanto, Dani. 2010.

PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DI SEKOLAH Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Dimyati dan Moedjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Hakim, Thursana. 2008. Cara Termudah

Membuat Kalimat Percakapan Bahasa

Inggris. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

ISSN : 2580 - 9466

Sadiman, Arief S, dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurkulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smaldino, Sharon E, dkk. 2011.

INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara

Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI.

ILMU & APLIKASI

PENDIDIKAN: Bagian 3 Pendidikan

Disiplin Ilmu. Bandung: PT IMTIMA

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta; Bumi Aksara.

Warsita, Bambang. 2008. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.